664 Views

Mengundang pengunjung untuk chat otomatis dengan fitur pemicu

Pengunjung website akan merasa sangat dihargai jika Anda menyapa mereka setiap kali berkunjung ke website Anda. Namun tentu saja akan sangat sulit melakukannya jika Anda memiliki banyak pengunjung website dalam waktu yang bersamaan.

Karena itu Subiz menciptakan fitur Pemicu untuk membantu Anda menyapa pengunjung Anda yang banyak itu secara otomatis dan dalam waktu yang bersamaan.

Tonton video tutorial berikut ini untuk mengetahui cara selengkapnya:

Script:

Selamat datang di video tutorial Subiz. Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya mengundang pengunjung website Anda untuk chat secara otomatis engan menggunakan fitur pemicu.

Jadi salah satu hal yang bisa menarik perhatian pengunjung sebuah website adalah ketika pemilik website tersebut mau meluangkan waktu untuk menyapa pengunjung mereka melalui percakapan di live chat. Hal tersebut tentu saja akan membuat pengunjung merasa sangat dihargai keberadaannya.

Namun, bagaimana jadinya jika dalam satu waktu ada banyak sekali pengunjung yang mengunjungi website Anda sehingga Anda tidak bisa menyapa mereka satu per satu. Karena itulah Subiz menyediakan fitur pemicu, sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk menyapa pengunjung website Anda secara otomatis dalam waktu bersamaan dan dengan kalimat sapaan yang tentu saja bisa Anda tentukan sendiri.

Bagaimana caranya? Mari kita mulai saja.

Pertama kali, yang akan kita lakukan adalah masuk ke Dasbor akun Subiz Anda. Anda bisa masuk menggunakan username atau email yang Anda gunakan saat pertama kali mendaftar kemudian masukkan password lalu Anda bisa tekan Enter atau klik Masuk.

Setelah itu kita akan tunggu beberapa saat sampai jendela Dasbor akun Subiz Anda terbuka. Jadi ini adalah tampilan Dasbor akun Subiz Anda, kemudian saya akan memperlihatkan salah satu website yang sudah saya integrasikan dengan live chat Subiz dan saya aktifkan fitur pemicu. Kita akan coba buka kemudian kita akan melihat bagaimana pemicu tersebut bekerja. Kita akan tunggu sampai seluruh halaman berhasil dimuat, ini dia di bagian bawah.

Ya, jadi secara otomatis jendela percakapan Subiz ini akan terbuka jika Anda menggunakan pemicu. Nah, caranya adalah kita masuk ke Dasbor akun Subiz Anda kemudian pilih Pengaturan setelah itu di sebelah kiri kita pilih Pemicu. Di Dasbor akun Subiz Anda sendiri Subiz menyediakan pustaka pemicu yang berisi pemicu yang sudah jadi yang bisa Anda gunakan langsung di website Anda atau Anda bisa membuat sendiri pemicu Anda.

Yang pertama, kita akan melihat terlebih dahulu pemicu apa saja yang disediakan di pustaka pemicu Subiz. Setidaknya di sini ada 4 pemicu yang bisa langsung Anda gunakan, yang pertama adalah New Visitors; jika Anda menggunakan pemicu ini maka secara otomatis jendela percakapan akan muncul ketika ada pengunjung baru yang baru pertama kali mengunjungi website Anda. Kemudian yang kedua after 10 seconds; jika Anda menggunakan pemicu ini maka secara otomatis jendela percakapan Subiz akan muncul ketika pengunjung tersebut berada di website Anda selama 10 detik. Kemudian returning visitors; jika And menggunakan pemicu ini maka secara otomatis akan muncul ketika pengunjung tersebut adalah pengunjung lama yang datang kembali ke website Anda. Kemudian, at least 3 visited pages; jika Anda menggunakan pemicu ini maka jendela percakapan akan otomatis muncul ketika pengunjung tersebut sudah membuka paling tidak tiga halaman atau tiga postingan yang ada di website Anda.

Atau Anda bisa membuat pemicu Anda sendiri. kita akan coba membuat pemicu, Anda bisa klik Buat kemudian kita akan tunggu. Pastikan, jika Anda ingin mengaktifkan pemicu maka pastikan statusnya di sini adalah On. Kemudian Anda bisa memberi nama pada pemicu yang ingin Anda buat, kita contohkan saja di sini “Pemicu 1” kemudian deskirpinya adalah “Undang chat otomatis”. Kemudian kita bisa menyesuaikan pemicu untuk muncul ketika sudah memuat widget chat, atau ketika pengunjung memulai chat, dan sebagainya.

Kemudian kita bisa memilih kondisi, kita akan membuat pemicu seperti yang saya gunakan sebelumnya jadi kita akan mengatur di mana kondisinya adalah “Waktu pengunjung di dalam situs”.  Jadi kondisinya di sini adalah kita akan mencoba memunculkan jendela percakapan ketika pengunjung suda berada di website Anda selama kurang lebih 5 detik. Jadi kita perhatikan di sini, waktu pengunjung di dalam situs, kemudian pilih yang paling bawah lalu kita isikan di bagian sini “5 detik”.

Kemudian pilih tindakan, yaitu undang otomatis. Anda bisa memilih di sini “kirim pesan ke pengunjung”, “terapkan label” atau “hapus label”. Untuk hal ini kita pilih “Undang otomatis” kemudian kita pilih nama agen, di sini saya akan memilih salah satu agen yang sedang bertugas atau yang sedang online. kemudian isi pesannya, Anda bisa mengisikan pesan yang akan muncul. Saya akan mengisikan pesan di sini. Kemudian simpan perubahan.

Jadi Anda bisa mengaktifkan pemicu Anda. Jadi jika terlihat seperti ini maka dua-duanya akan aktif, Anda bisa memilih salah satu atau mengaktifkan keduanya. Di sini “otomatis mengundang pengunjung setelah 10 detik” dan juga “setelah 5 detik” sesuai dengan pemicu yang sudah Anda buat. Kita akan mencoba menghapus di sini salah satunya, kita akan menghapus pemicu yang sudah ada sebelumnya dan mengaktifkan pemicu yang baru ini. Jadi statusnya sudah On dan kita akan mencoba membuka kembali website tersebut, kita akan tunggu web tersebut selesai dimuat dan kita akan melihat efeknya, kita akan tunggu hingga halaman selesai dimuat dan jendela percakapan muncul.

Kita akan coba di sini, kita buka tab baru kemudian kita akan tunggu sampai jendela percakapan Subiz muncul di sini lalu kita akan lihat bagaimana efeknya. Ini dia, tapi sepertinya di sini statusnya sedang offline. Jadi Anda bisa mengatur pemicu yang ada di website Anda dengan berbagai jenis pengaturan, salah satunya seperti yang saya jelaskan tadi jadi Anda bisa memilih tindakan, Anda bisa memilih “Undang secara otomatis” atau pada saat apa percakapan tersebut muncul. Anda bisa memilih berdasarkan waktu, berdasarkan nama pengunjung, berdasarkan halaman apa yang sedang dibuka dan pengaturan lainnya, dan pastikan setelah Anda mengubah pengaturan tersebut agar selalu ingat untuk simpan perubahan.

Ini adalah akhir dari tutorial video kali ini mengenai bagaimana mengaktifkan pemicu untuk mengundang pengunjung Anda secara otomatis untuk melakukan percakapan, saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di video tutorial berikutnya.